Thursday, February 22, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARTenggarong Seberang Sangat Tepat Sentra Pangan Untuk IKN

Tenggarong Seberang Sangat Tepat Sentra Pangan Untuk IKN

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Terkenal sebagai sentra pangan Kukar, Kecamatan Tenggarong Seberang yang berbatasan dengan kota Samarinda sangat tepat menjadi sentra pangan penopang IKN.

“Daerah kami sangat siap, menjadi daerah penopang kebutuhan pangan IKN,” ucap Sekretaris Camat Tenggarong Seberang, AR Ambo Dalle, belum lama ini.

Saat ini, wilayah Kecamatan Tenggarong seberang sangat unggul di bidang pertanian dan perternakan, bahkan produk pertaniannya sejak lama memasok kebutuhan pangan ibukota provinsi Kaltim Samarinda dan sekitarnya.

“Ada yang di jual ke Tenggarong, Samarinda dan Loa Janan,” sebutnya.

Daya dukung sentra pertanian Tenggarong Seberang juga sudah ada, seperti adanya
Taman Teknologi Pertanian(TTP) Desa Bangun Rejo, serta Rice Procecing Unit (RPU) yang direncanakan akan dilakukan penataan oleh Pemkab Kukar.

“Dalam hal penanganan RPU Tenggarong Seberang, infonya akan kerja sama dengan Pemprov Kaltim, ” sebutnya.

Beberapa usulan pengembangan sarana dan pra sarana pertanian, juga masuk diusulkan pembangunan daerah, yang pembiayaannya bersumber dari APBD Kukar. Seperti ada pembuatan embung tani hingga jalan usaha tani.

“Jika tidak teranggarkan di APBD, maka bisa diusulkan pembiayaannya melalui program CSR perusahaan yang ada di Tenggarong Seberang, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments