Saturday, December 3, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARTerapkan Prinsip Libatkan Masyarakat, BUMDes Sungai Payang Mendapat Banyak Tawaran dari Perusahaan...

Terapkan Prinsip Libatkan Masyarakat, BUMDes Sungai Payang Mendapat Banyak Tawaran dari Perusahaan Sawit dan Batubara

DEADLINEKALTIM.CO, TENGGARONG- Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sungai Payang Kecamatan Loa Kulu patut dibanggakan. BUMDes Payang Sejahtera terus mengembangkan usaha dengan berprinsip, selalu melibatkan masyarakat desa agar sejahtera.

“Saat ini, kita bermitra dengan perusahaan-perusahaan yang ada di Sungai Payang, untuk bisa mendapatkan kegiatan di perusahaan batu bara dan perkebunan kelapa sawit, ” sebut Kades Sungai Payang, Rusdin.

Rusdin menceritakan, untuk langkah awal membangun usaha dengan perusahaan, butuh perjuangan yang cukup panjang, dan pihaknya harus meyakinkan dulu ke perusahaan, bahwa sanggup bekerja dengan spesifikasi dan standar usaha yang diminta perusahaan. Awalnya, pihaknya menerima pekerjaan yang kecil dulu, karena hasil kerjanya baik, akhirnya dipanggil oleh perusahaan.

“Kami tawarkan pekerjaan dengan harga dibawah standar, tapi kualitas kerja sesuai standar. Makanya perusahaan mau menerima tawaran kami, ” ucapnya.

Selain itu, prinsip mendapatkan keuntungan yang tidak banyak asal melibatkan masyarakat, agar perekonomian masyarakat ikut terangkat, menjadi prinsip utama kerja BUMDes.

“Dari semua usaha yang dikelola BUMDes, semuanya melibatkan masyarakat, ” ungkapnya.

Dari keuntungan usaha yang didapat BUMDes, juga tidak semuanya masuk kas BUMDes, tapi sebagian digulirkan untuk program sosial, berbagi dengan masyarakat yang tidak mampu. Atau juga membantu program pembangunan yang direncanakan dengan pemerintah.

“Kita selalu selaraskan dengan RPJMD Kabupaten, sehingga program yang digulirkan seiring seirama berjalannya, ” ucapnya.

Rusdin merinci, usaha-usaha yang dikelola BUMDes seperti sewa transportasi angkut kelapa sawit dan karyawan, loundry pakaian karyawan, serta Catering. Serta ada berbagai usaha lainnya yang akan digarap.

“Kami garap juga penjualan pupuk organik berbahan bungkil kelapa sawit, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments