Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARTerkendala Akses Jalan, Loa Janan Belum Miliki TPA Sampah

Terkendala Akses Jalan, Loa Janan Belum Miliki TPA Sampah

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Memiliki wilayah yang strategis, Kecamatan Loa Janan dengan delapan Desa belum miliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah. Camat Loa Janan, Muhaji berharap Pemkab Kukar bisa menyelesaikan persoalan tersebut.

“Kita belum miliki TPA sampah,” tegas Camat Muhaji, belum lama ini di kantor Bupati Kukar.

Saat ini, sampah limbah rumah tangga masyarakat dibuang, Muhaji menyebut, dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dari lahan milik masyarakat, yang disewa sejak 2017. Untuk sampah di desa Bakungan diangkut bergabung di desa Jembayan kecamatan Loa Kulu.

“Untuk pembayaran uang sewanya, kerja sama pembiayaan antara Pemcam dan Pemdes di Loa Janan, ” ucapnya.

Untuk Loa Janan sudah disiapkan lahan seluas 4 hektare untuk TPA, namun tidak bisa difungsikan, karena akses masuknya belum ada. Dan jiga kondisinya masih berbukit. Jika itu diratakan, dan akses jalannya ada, maka dapat berfungsi TPA.

“Jalan masuk ke calon TPA tersebut sepanjang jarak 900 meter, ” ucapnya.

Mendengar keluhan Camat, Sekda Sunggono akan memperjuangkan, agar TPA Loa Janan bisa miliki akses jalan sepanjang hampir 1 Kilometer tersebut. Bukan hanya dialami Loa Janan, untuk TPA Kota Bangun bernasib serupa, tidak miliki akses masuk sepanjang 300 meter.

“Meskipun tidak dalam bentuk cor atau semenisasi, bisa juga dengan batuan keras, yang terpenting akses bisa dilalui, sehingga persoalan sampah di Loa Janan selesai secepatnya, ” harapnya. (Adv139/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments