Monday, December 5, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARTIFAF 2022 Ditutup, Menparekraf Sandi Sebut Event Hebat

TIFAF 2022 Ditutup, Menparekraf Sandi Sebut Event Hebat

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Kegiatan penutupan Tenggarong International Folk Arts Festifal(TIFAF) 2022 berlangsung meriah di halaman kantor Bupati Kukar, Minggu 24 Juli 2022, karena ditutup langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno.

Menteri Sandiaga menggunakan batik warna merah putih, yang satu meja bersama Sultan Kutai Ing Martadipura Aji Arifin, Bupati Kukar Edi Damansyah dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Hetifah Saifudian.

Sandi yang memberikan sambutan, tidak terlalu lama menyebut, TIFAF 2022 adalah event hebat sudah sesuai standar Nasional. Pria berkaca mata tersebut sangat yakin, dengan adanya TIFAF di Kukar, maka akan bangkit ekonomi kreatif.

“TIFAF berhasil menjadi event kharisma Nusantara Kemenparekraf. Dari penyelenggaraan penutupan event sudah sangat baik, mulai dari SDM, tarian dan pencahayaan sangat luar biasa, ” sebut Sandi.

Bupati Edi menyebut, potensi Geografis Kukar terdiri dari 193 Desa 44 kelurahan 20 kecamatan. Kukar saat ini, lagi fokus mengubah syruktur ekonominya, dari sebelumnya 65 persen hanya mengandalkan dari pertambangan dan migas, diubah drastis menuju sumber daya yang bisa diperbaharui.

“Yang kita fokuskan, basis pertanian pariwisata dan ekonomi kreatif,” ucapnya.

TIFAF 2022 bagian dari program dedikasi Kukar kaya festival, dan masuk setahun 100 festival yang dikelola Dinas Pariwisata Kukar. Pada Juni 2019 masuk 4 besar, sebagai kabupaten dan kota kreatif, untuk kabupaten diluar pulau jawa.

Bupati Edi bersyukur, ekonomi kreatif sudah terbentuk di 18 kecamatan. Masih terus pembangunan ekonomi kreatif hope di Tenggarong dekat dengan kawasan Central Bisnis Distrik(CBD).

Edi mencerita dihadapan menteri, masih butuh infrastruktur pendukung pariwisata. TIFAF yang berlangsung selama lima hari, per harinya sebanyak 6500 pengunjung. Dengan transaksi 200 juta per hari. Kali 5 hari berarti Rp 1 miliar.

“Kami harap ada perhatian khusus dari Kemenparekraf agar pariwisata Kukar semakin maju, ” ucap Edi.(Adv132/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments