Friday, June 21, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD BERAUTingkatkan Produksi Jagung, Dinas Pertanian Diharapkan Bantu Peralatan ke Petani di Berau

Tingkatkan Produksi Jagung, Dinas Pertanian Diharapkan Bantu Peralatan ke Petani di Berau

DEADLINE.CO.ID, TANJUNG REDEB – Anggota Komisi II DPRD Berau, Rahman mengatakan pihaknya berharap Dinas Pertanian Berau agar lebih konsentrasi membantu peralatan ke para petani untuk meningkatkan produksi jagung.

Apalagi, pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) tak lama lagi berdiri di Provinsi Kalimantan Timur. Sehingga, bantuan pemerintah ke para petani sangat diperlukan dalam meningkatkan produksi jagung.

“Banyak petani-petani kita yang meminta alsintan, bibit dll. Jadi masih banyak yang belum terakomodir. Terkhusus sektor jagung, ini harus kita bicarakan karena banyak petani yang masih minim peralatan,” ucapnya.

Dikatakan, hal ini menjadi catatan khusus agar pemerintah dan pihak terkait dapat memberikan dukungan di bidang pertanian untuk menyejahterakan para petani di Bumi Batiwakkal.

“Kalau para petani kita support, insyaallah kita akan terus mendapatkan hasil tanam jagung yang semakin banyak. Sehingga apa yang dicita-citakan dinas pertanian juga tercapai,” tuturnya.

Disampaikan, perkebunan jagung ini ada hampir di beberapa kampung seperti di Samburakat, Tumbit Melayu, Sukan tengah dan lainnya. Namun, masih ada kampung yang belum terakomodir.

“Nah ini juga harus dipikirkan. Terutama pada pemasaran, kestabilan harga, dan juga bibit unggul yang ditawarkan Dinas Pertanian,” pungkasnya.

Berdasarkan data Dinas Pertanian Berau, sebanyak 71 persen produksi jagung di Kaltim berasal dari Berau. Persisnya dari kampung Eka Sapta, Kecamatan Talisayan.

Data Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Berau, produksi jagung di Berau pada tahun 2021 mencapai 56.405 ton yang merupakan hasil panen jagung dari area seluas 10.950 hektare.

Sebelumnya, pada tahun 2019 lalu produksi jagung Berau mencapai 75.360 ton dari luas lahan mencapai 9.225 hektare. Sedangkan pada tahun 2020, luas lahan yang digunakan yakni 10.496 hektare, dengan jumlah panen mencapai 52.785 ton.

Salah satu komoditas pertanian menjadi andalan Berau adalah jagung. Berdasarkan data, sebanyak 71 persen produksi jagung di Kalimantan Timur berasal dari Berau. Persisnya dari Kampung Eka Sapta, Kecamatan Talisayan. (Adv)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments