Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDPRD KALTIMWakil Komisi IV DPRD Kaltim Harap Pemda Dukung Anggaran Untuk Sekolah Swasta

Wakil Komisi IV DPRD Kaltim Harap Pemda Dukung Anggaran Untuk Sekolah Swasta

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA- Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Puji Setyowati mengatakan, kendati Kalimantan Timur sudah siap dalam pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun 2022, namun saat ini masih mengalami kendala minimnya jumlah daya tampung siswa di sekolah SMA, SMK Negeri. Sehingga tidak semua lulusan SMP dapat ditampung di sekolah negeri.

“Secara keseluruhan proses kemudian verifikasi, sistem dan aplikasi semua itu sudah siap. Memang kendala kita di lapangan adalah tidak semua lulusan SMP terakomodir di SMA, khususnya SMA negeri. Memang ini yang menjadi PR kita bersama,” ujarnya saat ditemui awak media usai menghadiri hearing di Gedung E lantai 1 Kantor DPRD Kaltim.

Oleh sebab itu, kata dia, saat ini penting untuk menyampaikan pemahaman kepada orangtua bahwa banyak sekolah-sekolah swasta yang bagus dan biaya yang terjangkau.

“Bagaimana kita memberikan pemahaman kepada kedua orangtua bahwa sekolah swasta itu juga bagus dan terjangkau. Untuk memberikan kepercayaan pada masyarakat, kami juga menyampaikan kepada pak Kadis (Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, red) bagaimana merencanakan sekolah-sekolah swasta yang baik,” katanya.

Pemerintah daerah, kata Puji, juga harus memberikan dukungan anggaran kepada sekolah-sekolah swasta serta sistem pendidikan yang mumpuni.

“Tidak hanya dari BOSDA, BOSNAS, juga bantuan masuk dari pusat. Tapi juga sistem di dalam perlu disupport. Karena, kalau di pulau Jawa, orang bangga sekolah di swasta dibandingkan negeri, karena di swasta semua proses pembelajaran itu tercukupi dengan baik. Artinya rasa aman, nyaman, edukasi terpenuhi dengan baik,” imbuhnya.

Penulis: Erick

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments