Friday, June 21, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARKampung Long Pananeh III Kubar Belajar Budidaya Bawang Merah ke Kukar

Kampung Long Pananeh III Kubar Belajar Budidaya Bawang Merah ke Kukar

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Jarak yang tidak menyurutkan sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai KWT dan ibu PKK di Kampung Long Penaneh III Kabupaten Kutai Barat(Kubar) mendatangi Desa Bhuana Jaya Kecamatan Tenggarong Seberang, untuk belajar budi daya tanaman bawang merah jenis TSS.

Pelatihan budi daya bawang tersebut, dilaksanakan di Gedung Sasono Budoyo Desa Bhuana Jaya, Acara tersebut berlangsung dengan sukses dan lancar, ini dibuktikan dari rasa antusiasme peserta pelatihan, dalam mendengar dan mendiskusikan permasalah tentang budi daya bawang merah. Untuk Jenis TSS sendiri hasil Panen yang didapat cukup banyak untuk lahan 1Ha bisa mencapai 1,2Ton.

Dengan adanya kegiatan Bimtek bawang merah ini diharapkan Ibu-ibu PKK dan KWT maupun Petani yang ada di Kampung Long Penaneh III mau memproduksi bawang merah, melihat dari kondisi alam di sana masih tergolong asri.

Secara terpisah, Sekretaris Kecamatan Tenggarong Seberang, AR Ambo Dalle mengakui, daerah sudah terkenal sejak lama sebagai sentranya pertanian. Ada beberapa desa yang sangat unggul sektor pertaniannya. Komoditas yang diunggulkan seperti padi sawah dan sayur mayur, dan distribusikan ke wilayah sekitar Tenggarong Seberang, Tenggarong dan Samarinda.

“Hampir sebagian besar desa di Tenggarong Seberang unggul di bidang pertanian termasuk desa Bhuana Jaya,” sebut Ambo.(Adv191/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments