Wednesday, November 30, 2022
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARKirab Budaya Sukses Digelar, Kesenian Nusantara Semakin Mendunia

Kirab Budaya Sukses Digelar, Kesenian Nusantara Semakin Mendunia

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Agenda pertama Tenggarong Internasional Folk Arts Festival(TIFAF) 2022 dalam bentuk kirab budaya sukses digelar, Rabu 20 Juli 2022 pagi.

Pusat kirab berlangsung di halaman Kedaton Kesultanan Kutai Kartanegara. Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah yang menyaksikan langsung kirab berharap kesenian Nusantara akan dikenal di kancah internasional.

Kelompok seni budaya yang mengikuti kirab sangat beragam, dari 16 kecamatan, 12 paguyuban dan 12 sanggar seni se Kukar. Yang dimulai Pelabuhan Pos Kumala menuju Kedaton Kesultanan Kukar Ing Martadipura.

“Kita apresiasi, kegiatan ini berhasil menarik antusias ribuan warga Kukar hingga luar daerah, ” ucap Bupati Edi, usai pelaksanaan kirab budaya, bersama Forkopimda Kukar.

Bupati Edi yang duduk bersebelahan dengan Sultan Kutai Ing Martadipura, juga merasa senang atas kembali dilaksanakannya TIFAF, mengingat dua tahun tidak memgadakan akibat COVID-19.

“Saya imbau kepada masyarakat silahkan datang ke gerai vaksin yang disediakan. Dan semoga TIFAF yang dimulai 2022 ini dapat berlanjut ditahun berikutnya,” imbuhnya.

Edi berharap, TIFAF tahun ini, dapat memberikan kontribusi dan dorongan para pelaku UMKM di Tenggarong dan sekitarnya. Dirinya ingin TIFAF menjadi sarana promosi dan pemasaran, sehingga nantinya akan ada konektivitas dan hubungan antara usaha lokal maupun regional.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Slamet Hadiraharjo mengatakan, kegiatan kirab budaya adalah kegiatan awal TIFAF. Juga menjadi ajang pelestarian dan menampilkan kesenian lokal.

“Kami lakukan sosialisasi kepada nasional maupun internasional serta mempromosikan Kukar baik dari kesenian dan wilayahnya,” pungkasnya. (Adv127/Andri)

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments