Monday, March 4, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARTaman Wisata Pulau Kumala Kembali Dibuka, 35 UMKM Ikut Meramaikan

Taman Wisata Pulau Kumala Kembali Dibuka, 35 UMKM Ikut Meramaikan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Tidak lama lagi, Taman wisata Pulau Kumala bakal dibuka kembali setelah dua tahun stop imbas COVID-19. Penataan dan melengkapi sarana yang kurang sudah dilakukan Dispar Kukar.

“Kami rencanakan, pertengahan Agustus ini pulau kumala sudah bisa dibuka,” ucap Kabid Destinasi Wisata Dispar Kukar, Ridha Fatrianta, senin 1 Agustus 2022, saat lakukan pengecekan wahana Sky Tower dan Kereta gantung bersama Akademi Teknik Mesin Industri (ATMI) Surakarta.

Dispar meminta bantuan kepada, akademisi ATMI untuk mengidentifikasi apa sebenarnya permasalahan yang ada di Pulau Kumala. Apa saja yang bisa diperbaiki mana yang tidak, terkait biayanya, belum bisa dipastikan, karena belum dilakukan perhitungan yang jelas.

“Dari hasil peninjauan ini, akan diketahui beberapa mesin dan wahana yang masih bisa diperbaiki,” kata Ridha.

Foto oleh FB Kutai Kartanegara

Ridha menyebut semenjak enam tahun Dispar menerima pengelolaan pulau, kondisi wahana banyak yang tidak berfungsi. Untuk itu pihaknya sudah berusaha untuk mengkomunikasikan dengan perusahaan yang membuat wahana tersebut.

“Kesulitannya, karena mesin berasal dari luar negeri, tidak banyak yang menguasai mesin tersebut, ” katanya.

Kendala pengoperasian pulau kumala adalah kelistrikan dan air, untuknya persoalan dua aspek tersebut sudah ditangani oleh Dispar. Yang akan diprioritaskan perdana, ada pada zona kuliner dan soevenir yang biasa berjualan di pulan kumala.

“Untuk fasilitas toilet pengunjung juga sudah disiapkan, ” ucapnya.

Yang akan dilakukan Dispar, dengan memberikan sosialisasi kepada pelaku UMKM, agar bersiap usaha supaya mereka bersiap, ” terangnya.

Harapannya dengan dibukanya Pulau Kumala nanti selain ada dampak dari Pemda bisa menggerakkan ekonomi di masyarakat dan juga meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ia menambahkan jumlah pelaku UMKM yang terdaftar di Pulau Kumala ada sebanyak 35 kelompok untuk kuliner, souvenir ada 35 kios, dari Tenggarong semua.

“Harapan kita semua, semoga pulau Kumala kembali normal, dan memberikan dampak positif terhadap kita semua, ” harapnya. (Adv140/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments