Saturday, December 3, 2022
HomeDAERAHSAMARINDAHawa Panas Sebabkan Gas Metan Bakar TPA Bukit Pinang

Hawa Panas Sebabkan Gas Metan Bakar TPA Bukit Pinang

DEADLINE.CO.ID, SAMARINDA – Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Kota Samarinda mengerahkan dua unit mobil fire truk untuk memadamkan api yang membakar tumpukan sampah di tempat pemrosesan akhir (TPA) Jalan P Suryanata, Kelurahan Bukit Pinang, Kecamatan Samarinda Ulu, tadi malam.

Pasalnya, kobaran api terus membesar dan dikhawatirkan mendekat ke pemukiman warga yang bermukim di sekitar TPA Bukit Pinang tersebut.

Luasnya area TPA yang terbakar, membuat petugas Damkar kesulitan. Tak hanya itu, kendala lain yang dihadapi petugas adalah aroma tak sedap dari pembakaran sampah dan lokasi titik yang terbakar berada di wilayah perbukitan.

“Informasi kami terima pukul 21.00 Wita dan baru selesai sekitar pukul 23.50 Wita. Lamanya durasi penanganan karena area yang terbakar sangat luas, 50 x 100 meter persegi. Selain itu, bau dan banyaknya tumpukan sampah membuat petugas sedikit terganggu. Juga titik api berada di jalan berbukit,” kata Wakil Komandan Disdamkar Samarinda Sunardi Siman kepada Headlinekaltim.co, Sabtu 5 Februari 2022.

Mengenai penyebab kebakaran, berdasarkan data yang dihimpun di lokasi kejadian, katanya, diduga karena hawa panas yang memancing gas metan bereaksi.

“Dugaan kami seperti itu. Hawa panas, lalu memancing gas metan bereaksi. Akibatnya menimbulkan api,” katanya.

Sunardi Siman terus mengimbau masyarakat untuk terus mewaspadai bahaya kebakaran, mengingat Samarinda masih menjadi daerah yang rawan terjadi kebakaran.

Penulis : Ningsih

Komentar Anda
RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments