Tuesday, March 5, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KUKARProduk Turunan Jahe Muara Kaman Semakin Diminati

Produk Turunan Jahe Muara Kaman Semakin Diminati

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Di Kecamatan Muara Kaman tepatnya di Desa Cipari Makmur, ada produk olahan berbahan dasar jahe, menjadi produk olahan, yang sudah terkenal pemasarannya.

Camat Muara Kaman, Barliang berharap, produk tersebut semakin berkembang. “Produk serbuk jahe olahan desa Cipari Makmur sudah sangat terkenal sebagai produk unggulan di Muara Kaman, ” sebut Barliang, Selasa 26 Juli 2022.

Barliang sudah mengintruksikan kepada pihak Pemdes Cipari Makmur dan Kelompok Wanita Tani(KWT) untuk lakukan pembinaan secara intens, karena produk olahan jahe tersebut, peminatnya bukan hanya orang lokal, akan tetapi ada juga yang order dari kota besar.

“Pernah mendapat orderan yang banyak dari masyarakat, ini menunjukan produk tersebut diterima layak konsumsi, ” sebutnya.

Konsekuensinya jika produk tersebut, semakin banyak peminatnya, maka semakin berdampak juga kepada pelaku UMKM nya, secara pendapatan dan keuntungan bakal berlipat ganda.

“Pembinaan UMKM bisa melalui anggaran Alokasi Dana Desa (ADD), ” sebutnya.

Kades Cipari Makmur, Sodikin Sukmana mengakui, sudah berkoordinasi dengan KWT, agar terus menggalakan budi daya jahe, sehingga bahan baku utama produk olahan tersebut tersedia secara terus-menerus.

“Kita sudah minta KWT untuk seriusi budi daya tanam jahe di masyarakat, ” ucapnya.

Agar produk tersebut, semakin luas pasarannya, segala perizinan PIRT dan standar bahan kelayakan pangan sedang diurus, agar produk ini tidak ragu dipasaran dan siap bersaing.

“Bahkan bisa saja kita perjuangkan, sampai mendapatkan sertifikat halal MUI, ” ujarnya. (Adv134/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments