Wednesday, April 10, 2024
HomeDAERAHKUTAI KARTANEGARASambut IKN, DKP Kukar Tingkatkan Sektor Perikanan

Sambut IKN, DKP Kukar Tingkatkan Sektor Perikanan

DEADLINE.CO.ID, TENGGARONG- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kukar kini sedang menyiapkan program kebutuhan sumber pangan ikan yang akan meningkat dalam menyambut Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Dari sektor perikanan, kita harus siap sambut IKN, ” ungkap Kepala DKP Kukar, Muslik, belum lama ini.

Muslik memastikan, sampai saat ini, wilayah Kukar yang memiliki kawasan pesisir cukup panjang dan hulu sungai Mahakam masih sebagai lumbung perikanan di Kaltim. Produksi ikan Kukar telah lama memasok kebutuhan sampai ke seluruh Kabupaten Kota di wilayah Kaltim hingga luar Kaltim seperti Kalsel sampai ke pulau Jawa dan ekspor mancanegara.

“Kukar unggul disektor perikanan air tawar atau budi daya serta perikanan tangkap di laut, ” sebutnya.

Dalam menyambut IKN, Kukar sudah punya sentra perikanan air tawar, yang dipusatkan di Kecamatan Loa Kulu. Sedangkan perikanan tangkap di Sungai, kecamatan yang ada di Hulu Mahakam sebagai sentranya.

“Untuk sentra perikanan tangkap laut, ada di Kecamatan pesisir diantaranya, Muara Badak dan Samboja, ” ucapnya lagi.

Daya dukung sektor perikanan lainnya, yang ada di Kukar, sudah miliki Balai Benih Ikan(BBI) sebagai pusat pengembangan dan pembibitan ikan.BBI yang kita miliki ada di Desa Perjiwa Kecamatan Tenggarong Seberang. Ada juga BBI di Sebulu dan Marang Kayu.

“Bahkan, Kukar akan membangun BBI skala besar di desa Margahayu kecamatan Loa Kulu, yang bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, ” pungkasnya. (Adv/Andri)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments