Tuesday, July 23, 2024
HomeADVERTOTIALDISKOMINFO KALTIMSolusi Produksi Air Bersih Tetap Jalan Meski Banjir, Pemprov Kaltim Bangun IPA...

Solusi Produksi Air Bersih Tetap Jalan Meski Banjir, Pemprov Kaltim Bangun IPA Cendana 4 dan IPA Bengkuring 2

DEADLINEKALTIM.CO.ID, SAMARINDA – Guna membantu kelancaran kebutuhan air bersih untuk warga Kota Samarinda , Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim akan membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) Cendana 4, di jalan Cendana, kecamatan Sungai Kunjang.

Instalasi baru itu nantinya akan memperkuat IPA Cendana 1 (300 liter perdetik) dan IPA Cendana 2 (480 Liter perdetik). Selain itu, IPA Cendana 4 nantinya akan dibangun melalui APBD Provinsi Kaltim, dan tahun ini juga akan dibangun IPA Cendana 3 oleh investor Korea Selatan.

“Alhamdulillah usulan ini sudah dipenuhi. Kami usulkan Rp. 41 Miliar dan kabarnya ini sudah masuk tahap proses verifikasi hasil lelang,” ungkap Direktur Teknik Perusahaan Daerah Air Minum Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda, Ali Rachman. Senin, 16 Mei 2022.

Selain itu, Ali menjelaskan tambahan kapasitas produksi 200 liter per detik itu akan sangat membantu pemenuhan kebutuhan ait bersih warga Samarinda, khususnya dalam jalur distribusi IPA Cendana.

“Intake Karang Asam ini kan sudah tua, sehingga perlu perbaikan dan peningkatan kapasitas pompa dan pipa hisap yang lebih besar untuk memasok bahan baku IPA Cendana. Dan perbaikan Intake Karang Asam dibutuhkan sekitar Rp. 5 Miliar,” jelasnya.

Kendati itu, Ali Rachman juga menambahkan Perumdam Tirta Kencana Kota Samarinda juga sudah mengusulkan pembangunan (redesign) untuk intake Bengkuring . Pasalnya, saat terjadi banjir di Bengkuring produksi air bersih tidak bisa dilakukan.

“Mudah-mudahan pembangunan intake baru di Bengkuring bisa dilakukan tahun depan. Usulan kami Rp. 3 Miliar dengan desain terapung agar saat terjadi banjir produksi air bersih tetap dilakukan,” pungkasnya.

Penulis: Apri

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments